Inilah Tujuh World Heritage Unesco di Indonesia






Indonesia mendapatkan anugerah alam dan kecerdasan penghuninya yang luar biasa. Mau tahu buktinya? Tujuh warisan dunia ada di negeri ini. Sobat Tanah Air sudah tahu apa saja? Yuk kita intip mereka.


Hutan Hujan Tropis Sumatera


Ini adalah hutan yang terhampar mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu hingga Lampung. Sebagian besar di antaranya terletak di sepanjang pegunungan Bukit Barisan. Pada tahun 2004 lalu, luasnya 2.595.124 hektar. Hutan ini menjadi habitat bagi satwa langka seperti harimau sumatera atau gajah sumatera yang polulasinya makin sedikit.


Di hutan ini pula, hidup masyarakat asli yang disebut suku anak dalam. Mereka tersebar di mulai dari Jambi, Riau, hingga Sumatera Selatan. Sayangnya, hutan ini masuk dalam daftar hutan yang terancam oleh pembalakan liar, alih fungsi lahan menjadi perkebunan dan pertanian, serta pemukiman. Sayang sekali, ya Sobat TanahAir.My.Id.


Candi Prambanan

 Sahabat TanahAir.My.Id, yang tak kalah keren, salah satu warisan dunia berupa tempat ternyata adalah ciptaan manusia Nusantara. Salah satunya adalah Candi Prambanan. Candi ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jika Sahabat TanahAir.My.Id main ke Yogya, jangan lupa singgah di sini. Pastikan juga saat Sahabat mampir tepat pada malam purnama, karena akan ada pementasan sendratari Ramayana di pelataran candi dengan diterangi sinar rembulan purnama. wah wah wah...

Candi Borobudur 
Selain Prambanan, kita punya satu lagi tempat ciptaan manusia yang masuk World Heritage Unesco. Ia adalah Candi Borobudur. Candi ini terletak di Mungkid Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika Sahabat TanahAir.My.Id sedang ada di Jogja, mampir saja ke sini. Perjalanan sekira 1,5 jam. Candi ini konon dibangun pada tahun 750 M atau 300 tahun sebelum pembangunan Angkor Wat di Kamboja. Sudah tua ya?...

Situs Sangiran 
Masih ingat pelajaran sejarah di SD atau SMP dulu. Yak benar. Di Karanganyar Jawa Tengah terdapat situs Sangiran. Di situs seluas 5.600 hektar ini terdapat banyak fosil manusia purba Megantropus Palaeo dan Pithecantropus Erectus. Jumlahnya sangat banyak dan berdasarkan uji karbon, usianya sangat tua.

Taman Nasional Lorentz
 Inilah taman nasional dengan luas terbesar di Asia Tenggara. Luasnya 2.350.000 hektar yang terletak di Papua. Di sini, Sahabat TanahAir.My.Id bisa menikmati suasana hutan dan bisa naik ke puncak-puncak gunung.

Taman Nasional Ujung Kulon
Sesuai namanya, Taman Nasional ini teletak di ujung paling kulon (barat) Pulau Jawa. Tepatnya di provinsi Banten. Area ini seluas 78.525 hektar. Yang paling menarik adalah selain menjadi suaka perlindungan Badak Jawa, di sini juga banyak ditemukan pantai yang masih asri dan asyik.


Taman Nasional Komodo
Masih ingat beberapa tahun lalu kita sempat heboh ketika Pulau Komodo dinominasikan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia? Yak benar. Komodo adalah satu-satunya kadal purba yang masih hidup sampai detik ini, ketika hewan purba lain seperti dinosaurus sudah punah. Taman Nasional seluas 219.322 hektar ini terletak di Nusa Tenggara Timur. 


Mana saja yang Sahabat kunjungi?

(em)



Previous
Next Post »