Buku Pak Nas ini Penyebab AS Kalah Perang Vietnam






Jika di film-film Rambo, Amerika ditampilkan sebagai pihak yang menang perang. Rambo dengan jantannya mengalahkan sepasukan Vietkong seorang diri. Sayangnya, itu hanyalah di dunia film. Dalam dunia nyata, Amerika kalah total di pertempuran Vietnam.

Tahukah Sahabat TanahAir.my.id, bahwa salah satu penyebab kunci kekalahan Amerika adalah kuatnya strategi perang gerilya yang dijalankan oleh Vietkong. Kekuatan ini diperoleh dengan menjadikan buku Jenderal Besar AH. Nasution  yang berjudul Pokok-Pokok Gerilya sebagai buku panduan utama.

Dalam medan perang di belantara hutan, Pasukan Vietkong berhasil memanfaatkan medan dengan baik. Mereka menerapkan perang gerilya sekaligus perang semesta dengan membentuk perang-perang kecil untuk menggerogoti kekuatan musuh.

Sahabat TanahAir.my.id, buku Pokok-Pokok Gerilya ini pertama kali diterbitkan pada 1953. Tetapi sebagai laku, taktik perang gerilya sudah diterapkan pada era perang revolusi. Jadi boleh dibilang, buku ini adalah pengendapan dari strategi yang sudah biasa dijalankan oleh Pak Nasution. 

Jenderal Besar TNI Purn AH Nasution


Taktik yang pertama kali dilontarkan oleh Sun Tzu ini tepat untuk dilaksanakan ketika kekuatan musuh jauh lebih besar. Maka taktik ini cocok diterapkan di Indonesia, Vietnam atau Amerika Latin.

Atas buku ini pulalah, Pak Nasution disejajarkan dengan para ahli strategi perang dunia. Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan menjadi buku ajar penting di sekolah-sekolah militer penting di dunia, dari Asia hingga Amerika Serikat dan Amerika Latin. (em)
Previous
Next Post »