Resep Kue Lapis Legit yang Maknyus...




Indonesia dianugerai oleh banyaknya penganan tradisional yang rasanya nendang. Salah satunya adalah lapis legit. Lapis legit selama ini dikenal sebagai satu penganan yang harganya yang mahal. Meskipun mahal, namun masih banyak yang meminati kue yang termasuk ke dalam 17 kue terenak di dunia versi CNN.

Kue berlapis coklat ini biasanya disajikan saat hari-hari besar seperti lebaran, natal dan imlek. Karena harganya yang terbilang mahal untuk ukuran kue tradisonal, banyak orang yang berinisiatif untuk membuat kue yang juga dikenal sebagai kue seribu lapis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah, banyak ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, hanya butuh keterampilan lebih untuk membuat lapisan yang sempurna. Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut resep sederhana kue lapis legit yang bisa kamu ikuti seperti yang kumparan.com lansir dari Asia Society:

Bahan yang dibutuhkan:
10 kuning telur
375 gr gula pasir
250 gr mentega wisman
2 sdt essens vanilla
8 putih telur
185 gr tepung terigu
1 sdt bubuk kayu manis
1 sdt bubuk pala
1 sdt kapulaga bubuk
1/2 sdt bubuk cengkeh
50 gr mentega leleh untuk olesan
Cara membuat:
1. Kocok kuning telur dengan 1/2 cup gula sampai kental. Kemudian kocok mentega dengan 3/4 cup gula dan essens vanilla hingga lembut. Di mangkuk yang berbeda, kocok putih telur sampai kaku dan tambahkan sisa gula ke dalam adonan putih telur dan kocok kembali sampai kental dan mengkilat.

2. Aduk adonan kuning telur dan mentega sampai tercampur rata. Tambahkan tepung, aduk kembali. Kemudian tambahkan adonan putih telur dan aduk dengan spatula hingga merata. Bagi adonan menjadi dua bagian dengan ukuran tidak sama rata. Campurkan bumbu rempah-rempah ke adonan yang jumlahnya lebih banyak.

3. Panaskan oven pada suhu 160 derajat celcius. Oleskan mentega pada seluruh sisi loyang berukuran diameter 20 cm. Letakkan kertas roti pada permukaan loyang dan oleskan kembali dengan mentega cair. Taburi sedikit tepung terigu dan sisihkan sisa tepung terigu.

4. Gunakan takaran yang pas agar adonan yang dituang ke loyang sama tipisnya. Tuang adonan yang dicampur dengan rempah ke dalam loyang setipis mungkin dan ratakan dengan spatula.

Panggang selama 10 menit hingga adonan setengah matang. Gunakan api atas dan bawah agar adonan matang merata. Setelah adonan pertama matang, lalu oleskan mentega cair dan tuang kembali adonan berikutnya yang tidak dicampur rempah dan panggang kembali. Ulang cara ini sampai adonan habis.

5. Ketika semua adonan telah habis dipanggang, untuk mengecek apakah kue sudah matang atau belum gunakan tusuk sate dan tusuk ke bagian tengah kue. Jika masih menempel adonan tandanya kue belum matang. Setelah matang, dinginkan sebentar dan keluarkan dari loyang. Kue lapis legit siap dinikmati!

Untuk membuat kue lapis legit, harus menggunakan oven kompor karena hasil yang sempurna didapat dari pemanggangan oven kompor yang menggunakan api atas dan bawah. Selamat mencoba!


Previous
Next Post »