Panduan Memilih Gitar Yamaha untuk Pemula







Dari sekian banyak alat musik yang ada, bisa dikatakan jika gitar merupakan salah satu alat musik paling populer dan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Hal inilah yang akhirnya membuat Yamaha menjadi salah satu produsen paling aktif dalam memproduksi Gitar Yamaha dengan berbagai tipe dan harga yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan para konsumennya.

Lalu bagi Anda yang ingin membeli Gitar Yamaha maka sebaiknya Anda membaca ulasan dibawah ini yang akan memberikan informasi mengenai panduan memilih gitar untuk pemula, mulai dari tips memilih gitar hingga cara perawatannya. Untuk itu langsung saja Anda simak ulasan berikut ini:

Tips Memilih Gitar Yamaha

1. Bahan utama gitar

Sebagai pemula tentunya Anda membutuhkan Gitar Yamaha dengan kualitas baik yang memiliki kestabilan dalam setiap nada dan suara yang dihasilkan. Oleh karena itu Anda perlu memahami bahwa setiap gitar dibuat dari bahan yang berbeda-beda, mulai dari bahan triplek, kombinasi triplek dan kayu, ataupun bahan full kayu. Lalu dari bahan-bahan yang ada tersebut bisa dikatakan jika gitar dengan bahan full kayu adalah jenis gitar terbaik yang pantas dijadikan pilihan, baik oleh para pemula maupun pala professional di bidangnya.


2. Ukuran gitar

Selain memperhatikan bahan utama dari gitar tersebut, Anda juga perlu mengetahui ukuran gitar seperti apa yang dibutuhkan karena ukuran setiap gitar akan mempengaruhi tonasi suara yang dihasilkan. Apabila Anda senang dengan gitar yang memiliki suara bulat dan tegas maka gitar berukuran besar bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun apabila sebaliknya Anda lebih suka dengan suara yang tinggi dan nyaring maka Anda bisa memilih gitar dengan ukuran sedikit lebih kecil.



3. Neck gitar

Bagi seorang pemula, tentunya neck gitar akan sangat mempengaruhi kenyamanan dalam memainkan gitar itu sendiri. Pastikan Anda memilih gitar dengan Neck berukuran sedang yang nyaman digenggaman agar Anda tidak kesulitan ketika hendak mempelajari berbagai kunci dasar ataupun kunci melodi pada gitar. Selain itu, pastikan Neck tersebut sudah dilengkapi dengan Truusord, yaitu besi panjang yang dibenamkan didalam Neck gitar untuk mempertahankan bentuk agar tidak mudah bengkok.



4. Fret gitar

Fret gitar adalah bagian yang selanjutnya perlu Anda teliti. Fret yang baik biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tidak mudah berkarat, hal ini dikarenakan Fret gitar adalah salah satu komponen yang paling sering bersentuhan dengan jari dan keringat sehingga kemungkinan berkarat semakin tinggi. Jadi apabila Anda hendak membeli Gitar Yamaha pastikan jika Fret yang ada terbuat dari bahan berkualitas tinggi karena pada dasarnya setiap gitar yang diproduksi oleh Yamaha sudah dilengkapi dengan Fret berbahan Stainless Steel dengan kualitas yang berbeda-beda.



5. Tunning Peg

Sama halnya dengan Fret pada gitar, Tunning Peg yang baik biasanya juga terbuat dari bahan stainless steel yang kuat sehingga tidak mudah berubah posisinya ketika gitar tersebut dimainkan. Tunning Peg sendiri menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan karena komponen ini cukup berpengaruh pada kestabilan suara yang dihasilkan oleh Gitar Yamaha Anda, dengan Tunning Peg yang berkualitas tentunya stem (Tunning) suara yang dihasilkan akan lebih akurat.



6. Cek keseimbangan body secara keseluruhan

Setelah Anda memastikan jika bahan, ukuran, hingga Tunning Peg dari gitar yang Anda pilih sudah sesuai maka sebelum membelinya pastikan Anda sudah memeriksa seluruh keseimbangan dari bentuk dan body gitar. Periksalah apakah gitar tersebut memiliki dimensi yang pas dan tidak bengkok karena pada beberapa kasus terdapat gitar yang kurang presisi pada beberapa bagian body-nya.



7. Cek Sound

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum membeli Gitar Yamaha pertama Anda adalah dengan memainkan gitar tersebut untuk memeriksa apakah suara yang dihasilkan sudah stabil dan tidak sumbang. Mainkanlah beberapa kunci dasar dan melodi ringan untuk memastikan suara yang dihasilkan sudah baik dan merdu.


Apabila Anda sudah membaca dan memahami tips memilih gitar pada ulasan diatas maka Anda bisa membeli gitar pertama Anda dengan beberapa tipe yang akan direkomendasikan pada ulasan dibawah ini, yaitu sebagai berikut:



1. Yamaha Akustik APX-500II

Yamaha Akustik APX-500II adalah salah satu tipe gitar akustik yang paling cocok untuk pemula, Anda pun bisa dengan mudah mendapatkannya di Bhinneka dengan harga sekitar 2 juta rupiah. Lalu gitar ini juga sudah dilengkapi dengan sistem Pickup elektrik yang mana bisa Anda sambungkan pada media audio elektronik untuk menghasilkan suara yang bisa diatur sesuai selera. Selain itu, Yamaha APX 500II dilengkapi dengan fitur Tunner Digital yang memungkinkan Anda untuk mengatur stem (Tunning) dengan lebih akurat, khususnya bagi pemula yang masih buta nada.

Kemudian fitur lainnya yang ditawarkan oleh gitar ini adalah fitur Equalizer yang lengkap sehingga memungkinkan Anda mengatur output Bass, Treble, ataupun Gain yang ingin dihasilkan.


2. Yamaha CPX-500I

Gitar Yamaha selanjutnya yang bisa Anda pilih sebagai gitar pertama Anda adalah Yamaha CPX-500I seharga 2,5 jutaan. Gitar akustik elektrik yang diklaim memiliki kualitas lebih baik dari seri APX ini terbuat dari bahan full kayu berkualitas tinggi yang semakin meningkatkan kualitas tonasi suara yang dihasilkan.


Gitar yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Equalizer sehingga Anda bisa mengatur output audio yang dihasilkan, mulai dari treble hingga bass. Selain itu, fitur Equalizer yang disematkan juga memungkinkan Anda untuk menghasilkan suara yang paling sesuai dengan karakter Anda.



3. Yamaha F-310

Bagi Anda yang tidak membutuhkan gitar elektrik maka Gitar Yamaha Akustik F-310 seharga 1 juta rupiah bisa dijadikan pilihan yang tepat karena harganya relatif lebih murah namun tetap memiliki kualitas yang mumpuni. Hal ini bisa terlihat dari bahan kayu yang digunakan pada setiap komponennya, seperti misalnya Rosewood untuk bagian fretboard serta kayu Meranti, Spruce, dan Nato untuk bagian Neck dan Body gitar.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar akustik ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi mengingat bahan utama pembuatan gitar ini sudah cukup berkualitas. Selain itu gitar ini juga memiliki dimensi dan bobot relatif kecil yang akan semakin memudahkan Anda untuk memainkannya.


4. Yamaha Klasik CX-40

Selain beberapa rekomendasi gitar akustik diatas, Anda juga bisa memilih Gitar Yamaha CX-40 seharga 1,3 juta rupiah yang mana merupakan seri gitar klasik dari Yamaha. Gitar klasik ini merupakan seri yang diciptakan khusus untuk pemula karena harga yang ditawarkan relatif lebih murah namun tetap memiliki kualitas yang mumpuni sebagai media belajar gitar pertama Anda. Selain itu, gitar ini juga sudah dilengkapi dengan Pickup yang memungkinkan Anda menyambungkannya dengan pengeras suara.


Demikianlah informasi yang dapat dibagikan terkait dengan panduan memilih Gitar Yamaha untuk pemula. Pastikan Anda tidak salah dalam memilih gitar pertama Anda karena hal ini akan sangat berpengaruh dengan proses belajar Anda untuk menjadi seorang ahli dalam memainkan gitar.
Previous
Next Post »