Tips Mengumpulkan Modal untuk Merintis Usaha





Sobat Tanahair, memiliki bisnis sendiri tentu menjadi suatu hal yang membanggakan. Walaupun kita memulainya dari bisnis kecil, ketekunan dan inovasi dapat membuat bisnis kita berkembang secara pesat di masa mendatang. Untuk mewujudkan rencana bisnis tersebut, maka kita juga wajib mengumpulkan modal mulai sekarang.

Tak perlu berkecil hati jika sekarang jumlah modal kita belum mencukupi. Ikuti saja beberapa tips ini untuk mengumpulkan modal secara efektif:

Disiplin Menyisihkan Tabungan dari Pendapatan
Menyisihkan tabungan dari pendapatan adalah salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan modal. Bila kita saat ini masih berstatus sebagai pekerja, maka kita mesti lebih giat berhemat demi mengumpulkan modal. Alangkah lebih baik jika dapat menyisihkan modal dengan jumlah yang tetap setiap bulan. Sehingga target modal yang kita butuhkan dapat dicapai dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Menjual Barang-Barang Tak Terpakai
Mungkin kita sering meremehkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Padahal barang-barang tersebut bisa kita jual untuk mendapatkan tambahan modal. Apalagi kini ada e-commerce yang bisa menjadi media penjualan barang-barang bekas layak pakai. Tinggal memasang iklan dengan keterangan yang rinci, barang yang sudah tidak kita gunakan bisa disulap menjadi uang tunai.

Menggadaikan Barang-Barang Berharga
Kalau kita sedang membutuhkan modal besar dalam waktu dekat ini, maka sebaiknya kita memanfaatkan Pegadaian untuk menggadaikan barang-barang berharga kita. Pegadaian merupakan salah satu lembaga yang digagas pemerintah dengan aturan gadai yang jelas dan tidak memberatkan. Kita dapat menentukan jumlah dan lama pinjaman berdasarkan barang yang akan kita gadaikan.

Memanfaatkan Fasilitas dari Fintech
Bidang fintech (financial technology) sekarang sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk proses pinjam meminjam dana secara online. PT. Sampoerna Wirausaha berkomitmen untuk membantu perkembangan sejumlah UKM di tanah air melalui Mekar.id.

Orang-orang yang sedang ingin melakukan investasi bisa menjadikan Mekar.id sebagai wadah yang aman, terpercaya, dan terstruktur. Karena dana yang kita investasikan melalui Mekar.id akan disalurkan kepada para pihak yang tepat dan dapat dipercaya. Melalui sistem P2P lending, dana yang kita investasikan bisa langsung kita berikan kepada peminjam yang kita pilih sendiri. Sistem Mekar.id akan membantu kita mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang jelas dalam kurun waktu tertentu.

Tertarik untuk meminjam modal secara mudah dengan memanfaatkan fintech?

Yuk cari tahu info selengkapnya hanya di Mekar.id!

Previous
Next Post »