Dirgantara Indonesia Bangkit, N-219 Segera Diproduksi



Kabar menggembirakan muncul dari PT Dirgantara Indonesia. Setelah tertimpa berbagai masalah selama lebih dari satu dekade, PT DI kembali hadir dan membuat gebrakan pada tahun depan. Rencananya, PT DI  bakal segera memproduksi pesawat kecil jenis N-219. 

Kabar ini datang dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. Ia mengatakan bahwa prototipe pesawat N-219 sudah jadi. Proses pembuatan prototipe pesawat itu menghabiskan dana hingga Rp 150 miliar. 

Saat ini, PT DI sedang mengurus sertifikasi. "Tinggal mengupayakan untuk lulus sertifikasi," kata Nasir sebagaimana dikutip tempo.co pada Selasa, 24 Maret 2015 di Surakarta. "Jika sudah diproduksi, harga jualnya sekitar Rp 70 miliar," tambahnya. Harga ini terbilang sangat murah.

Sebagai informasi, pesawat N-219 berkapasitas 19 tempat duduk. Pesawat ini didesain untuk perjalanan jarak dekat dan menengah sehingga sesuai dengan kondisi Indonesia dan negara Asia Pasifik. Nasir membocorkan informasi bahwa pesawat itu sudah dipesan beberapa negara. (Em)

foto: wikipedia
Previous
Next Post »