10 Tips untuk Mencegah Anak Mabuk Perjalanan





Mabuk perjalanan adalah hal yang kurang menyenangkan yang rasanya ingin dihindarkan oleh kebanyakan orang saat sedang berpergian.

Mabuk perjalanan (motion sickness) bisa terjadi pada siapapun, baik perjalanan darat, laut, maupun udara. Bahkan pasca perjalanan ada yang namanya jet lag.

Jika anak Anda terkena mabuk perjalanan maka Anda bisa cek tanda-tanda seperti mulai rewel, gelisah, lemas, mengeluh kepalanya pusing, berkeringat dingin, merasa mual dan akhirnya muntah hingga bisa terkena dehidrasi jika terlalu banyak mengeluarkan cairan.

Anda sebagai orang tua, tak perlu khawatir jika si kecil mengalami mabuk perjalanan karena dengan seiring waktu bisa hilang dengan sendirinya.

Nah, biar Anda tak perlu khawatir lagi jika sang anak terkena mabuk perjalanan. Anda bisa mengantisipasinya dengan beberapa tips berikut ini yang dilansir dari kompas.com:


Tepat memilih waktu perjalanan.
Pertimbangkan melakukan perjalanan pada waktu tidur anak, sehingga kemungkinan mabuk perjalanan bisa diminimalkan.

Penting juga untuk membuat “tempat tidur” senyaman mungkin di dalam kendaraan agar anak bisa tertidur lelap. bawa serta boneka tidur kesayangan anak, bantal, atau selimut favoritnya.


Pilih tempat duduk yang stabil
Anda bisa mencegah mabuk perjalanan dengan memilih tempat duduk yang tepat.

● Bila menggunakan mobil, biarkan anak menempati kursi deret depan
● Bila menggunakan bis, pilih posisi di belakang sopir
● Bila naik kereta, duduk menghadap ke arah lokomotif
● Bila menggunakan kapal laut, pilih di kabin tengah bagian bawah.

Karena naik pesawat terbang, Anda tak bisa memilih tempat duduk, maka saat sudah menemukan harga promo tiket pesawat, Anda bisa mempraktekkan tips lainnya di bawah ini:

Kontrol asupan makanan minuman
Beri perhatian khusus pada makanan dan minuman yang dikonsumsi anak sebelum bepergian. Hindari memberinya terlalu banyak makan sebelum dan saat sedang berkendara.

Siapkan camilan dengan rasa yang tidak merangsang (pedas, berminyak, dan berbau menyengat) di kendaraan, lalu sebaiknya memberi anak makan besar ketika sampai di tujuan atau di tempat pemberhentian jika menempuh perjalanan jauh.

Konsumsi obat anti mabuk perjalanan
Sebelum mengonsumsi, sebaiknya membaca petunjuk penggunaan obat dengan cermat atau berkonsultasi dengan dokter, misalnya berkaitan dengan dosis dan usia boleh menggunakan. Minum obat sebelum melakukan perjalanan, bukan ketika sudah di perjalanan.

Alihkan perhatian Si Kecil
Anda bisa mengalihkan perhatian si kecil agak tak terfokus oleh rasa mual dan gelisah, seperti dengan mendengarkan musik atau mengajaknya mengobrol hal-hal menarik di sepanjang perjalanan.

Tapi Anda jangan mengalihkan perhatian si kecil dengan bermain gadget atau membaca terlalu lama, karena terlalu banyak dalam posisi menunduk dapat menyebabkan pusing dan mual.

Lihat pemandangan alam di luar
Anda bisa menghindari mabuk perjalanan, dengan melihat keindahan alam di luar jendela saat sedang naik kendaraan.

Jangan ada bau-bauan
Anda bisa menghindari mabuk perjalanan dengan menghindari si kecil mencium bau-bauan yang memancing rasa mual. Jadi perhatikan penggunaan parfum dan pengharum kendaraan, ya.

Istirahat sejenak
Jika sudah terlihat tanda-tanda anak mabuk perjalanan, menepilah sejenak dan biarkan Si Kecil turun dari mobil dan menghirup udara luar. Jika tak tahan untuk muntah, biarkanlah muntah karena biasanya setelah itu rasa mual akan berkurang.

Jika jarak perjalanan tergolong jauh, sempatkan berhenti sejenak untuk beristirahat. Misalnya setelah 3-4 jam berkendara, berhenti selama 30 menit. Selain menyegarkan tubuh, rasa mual yang datang bisa menghilang.

Obat-obatan alami
Upaya cegah mabuk perjalanan bisa dicoba menggunakan obat-obatan alami untuk menghilangkan rasa mual, seperti minyak kayu putih untuk olesan, air jahe, permen mint, buah jeruk, atau air perasan jeruk nipis hangat.

Nah, Anda sudah tahu cara menghindari mabuk perjalanan. Maka biar liburan Anda tambah bahagia, Anda bisa cari tiket pesawat di reservasi.com. Diskonnya hingga Rp1 Juta loh.
Previous
Next Post »