Lakukan Enam Hal ini agar Wawancara Kerjamu Lancar

Sudah siap wawancara nih... 

Sobat Tanahair, siapa sih yang tidak ingin mendapatkan pekerjaan impian. Gaji yang lumayan, perusahaan yang prestisius, jenjang karier yang terbuka, serta potensi jaringan yang luas, tentu menjadi impian banyak orang. Bahkan mereka yang sudah bekerja di satu perusahaan seringkali merasa tidak puas dengan tempatnya bekerja dan melirik tempat lain yang lebih yahud.

Hal yang wajar memang mengingat setiap orang bekerja tentu untuk mendapatkan imbal balik yang terbaik. Namun demikian tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di tempat yang baik. Seringkali orang terjungkal di ronde awal, ya... gagal wawancara kerja.

Nah, berikut ini ada enam hal yang bisa kamu upayakan agar wawancara kerjamu berlangsung lancar dan bisa diterima. Apa saja?



1. Jadi diri sendiri


Ini yang sangat penting nih. Tak perlu menjadi orang lain untuk meyakinkan interviewer bahwa kamu layak untuk direkrut. Cukup jadi dirimu sendiri. Memang tidak gampang sih menjadi diri sendiri di titik ini. Karena biasanya kita khawatir bahwa perusahaan tidak bisa menerima kita yang seperti ini sehingga kita mematut-matutkan diri untuk bisa tampak kinclong. Tapi tak jarang itu justru membuat kita tampak aneh saat wawancara kerja nanti.

So... Yakinlah, setiap orang itu unik. Dan keunikan ini justru menjadi nilai lebih di hapadan orang lain, begitu juga dalam dunia kerja. Perusahaan merekrut orang baru tentu untuk mendapatkan hal baru, bukan untuk mendapat orang yang sudah mereka punyai. Percayalah pada dirimu sendiri.



2. Pahami perusahan yang kamu tuju


Tak kenal maka taaruf eh, tak sayang ding. Hehe... Mungkin saja sih kamu sudah tahu perusahaan yang kamu tuju. Tapi boleh jadi informasi yang kamu punyai itu kurang valid atau sudah tidak update. Sebab itu, ada baiknya kamu mengulik informasi valid terkait perusahaanmu. Apa capaian terakhir perusahaanmu, apa produk terbarunya dan seterusnya.

Lebih bagus lagi kalau kamu melakukan riset yang cukup serius tentang bidang yang akan kamu tuju di perusahaan itu. Misalnya kamu ingin bergabung di divisi marketing di MatahariMall.com di bagian toko fashion pria terlengkap. Pelajari bagaimana toko online tersebut dibangun dan bekerja. Catat masukan kamu untuk pengembangan toko fashion tersebut. 
Ini akan jadi modal penting saat wawancara kerja nanti. Kamu akan tampak cukup serius dan menguasai bidang yang kamu tuju.



3. Kuasai materi dan pengalaman


Coba cek lagi kamu melamar untuk bagian apa? Misalkan di bidang marketing, ya pelajari lagi materi tentang marketing. Kamu bisa membaca buku-buku yang terkait. Memang dalam dunia kerja, yang seringkali diutamakan adalah pengalaman. Tapi pengalaman yang dilandasi dengan pengetahuan di bidang teori yang mumpuni akan jadi paduan yang dahsyat. Bukan begitu? Lagi pula, biasanya interviewer tanya hal-hal dasar.



4. Sisi positif dan berpikir positif


Saat menjawab beberapa pertanyaan wawancara kerja nanti, selalu cari sisi positif dari dirimu. Perusahaan yang kamu incar tidak mencari orang yang penuh dengan sisi negatif. Memang benar bahwa tidak ada yang sempurna di muka bumi ini. Tapi mengenali sisi positif diri kita tetap penting agar kita bisa lebih mawas diri dan mampu menampilkan yang terbaik dari diri kita. Karena setiap perusahaan tentu merekrut kru baru untuk menjadi lebih baik, bukan?



5. Respek dengan tempat baru


Boleh jadi apa yang kamu bayangkan dari rumah tidak sesuai dengan kenyataannya. Bayanganmu, perusahaan X yang tersohor itu kantornya mewah, para perkerjanya necis-necis, dan bos-bosnya fashionable. Tapi faktanya kok berbeda. Kaget sih boleh-boleh saja. Tapi kamu tetap harus menjaga respek. Saat kamu sampai di tempat wawancara kerja, hormati mereka yang lebih dulu bekerja di situ dengan cara yang wajar dan tak perlu dibuat-buat. Kalaupun dibuat-buat, jangan sampai tampak. Hehe...



6. Jaga penampilan


Ini yang tak kalah penting. Kamu adalah orang yang baru mereka temui saat wawancara kerja kali itu. Jadi yang menjadi salah satu pertimbangan mereka adalah kesan pertama. Pepatah Arab bilang bahwa pakaianmu memuliakanmu sebelum engkau duduk. Maka pilihlah pakaian yang mencerminkan pembawaan yang matang, dewasa, bijak, dan siap kerja.

Coba buka lemari kamu. Pilih pakaian yang nyaman dipakai tetapi cukup formal untuk bekerja. Jika kamu masih bingung dengan koleksimu, kamu bisa mencarinya di toko fashion pria terlengkap. Jika kamu tak punya waktu untuk pergi ke toko terdekat, kamu bisa belanja online di MatahariMall.com. Tinggal klik dan taraa... barang sampai di rumah.

Begitu sobat Tanahair. 

Semoga wawancaramu lancar dan bisa bekerja di perusahaan impian...
Previous
Next Post »