Enam Hal Penting Sebelum Mudik Lebaran

yuk mudik.... pic:houseofinfographics.com



Sobat Tanahair, tentu sedih rasanya jika kita tidak bisa berkunjung ke kampung saat Hari Raya Idul Fitri. Karena bagaimanapun, lebaran adalah momen berharga yang terjadi hanya sekali dalam satu tahun. Sebab itu, semakin dekat dengan lebaran, kerinduan akan kampung halaman semakin memuncak.

Bagi perantau, berkumpul bersama sanak famili memang menjadi impian di kala sudah lama tak berjumpa di momen lebaran. Banyak perantau yang mudik bersama saat lebaran. Namun sebelum pulang kampung ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya mudik terasa nyaman. Kita simak yuk tipsnya.

1. Jangan Memaksakan Diri
Pulang ke kampung halaman tentu membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit. Belum lagi membeli tiket mudik, perawatan kendaraan, memberikan buah tangan untuk keluarga di kampung, dan kebutuhan lainnya. Lebih baik lihat tabungan terlebih dahulu apakah cukup untuk melakukan mudik. Sehingga Anda tidak akan merasa kebingungan untuk biaya pulang nantinya.

2. Kendaraan Mudik Harus Oke
Oke bukan berarti kendaraan harus baru. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil lebih baik bawalah terlebih dahulu ke bengkel agar kondisi kendaraan prima saat mudik. Kalau kinerja kendaraannya maksimal, mudik pun lancar tanpa hambatan.

3. Beli Tiket Mudik Jauh-Jauh Hari
Lain halnya jika mudik menggunakan transportasi umum seperti travel, bus, kereta, atau pesawat. Belilah tiket mudik dari jauh-jauh hari. Terlebih kereta api yang sudah membuka tiket kereta dari 3 bulan sebelumnya. Untuk itu sering-sering cek tiket mudik melalui internet.

4. Targetkan Berapa Hari Anda Mudik
Hal ini menjadi pertimbangan bagi Anda yang bekerja di sektor formal. Tentunya Anda harus mengurus cuti libur agar tidak terhimpit oleh hari. Tentukan berapa lama Anda akan mudik. Pikirkan juga jarak tempuhnya karena saat mudik arus kendaraan tidak akan normal seperti biasanya.

5. Kemas Pakaian Ganti
Bawalah pakaian sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kurang dan sampai lebih karena jika berlebihan malah akan merepotkan Anda. Bawalah juga pakaian khusus hari H di kampung halaman. Jika tak sempat Anda bisa mencarinya di Mataharimall.com yang menyediakan baju lebaran keluarga dari berbagai model pilihan terbaik.


6. Tidur Cukup Sebelum Mudik
Jangan sampai Anda kelelahan sebelum sampai kampung halaman. Tidurlah 7 hingga 8 jam sebelum mudik. Ini sangat dibutuhkan terlebih Anda yang akan menyetir kendaraan.


Selamat mencoba, Sobat Tanahair. Semoga sukses sampai di kampung halaman.
Previous
Next Post »