4 Tips Memilih Situs Belanja Online yang Terpercaya


pic: www.teknoologia.com

Belanja online saat ini memang telah menjadi alternatif berbelanja bagi banyak orang. Faktor kemudahan diduga menjadi alasan yang kuat mengapa belanja online banyak diminati. Namun sayang saat tren belanja online sedang menunjukkan jati dirinya, ada beberapa oknum yang memanfaatkannya untuk melakukan penipuan dengan membuat toko online palsu. Untuk itulah sebagai konsumen sudah selayaknyalah Anda ekstra waspada dalam memilih online shop. Carilah toko online yang bisa dipercaya dan kredibel. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meneliti dan memilih situs belanja online terpercaya.





pic: evanutamamalik.com

1. Teliti Website

Toko online yang bisa dipercaya bisa diteliti dari website atau situs yang dimilikinya. Umumnya website online shop yang terpercaya ini memiliki domain yang berbayar misalnya dot com (.com). Jika Anda mendapati online shop yang memiliki domain gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com, maka Anda harus waspada, karena ada kemungkinan situs belanja online itu menipu. Situs atau website yang berbayar tentu lebih memiliki keseriusan yang lebih dibanding gratisan. Di sinilah letak perbedaan website berbayar dan tidak atau gratisan.

Untuk contoh website yang profesional ini Anda bisa melihat contoh situs MatahariMall (www.mataharimall.com). Toko belanja online terpercaya dari Lippo Group ini memang selalu menghadirkan sebuah bisnis yang serius dengan menampilkan website yang profesional dan tentunya berbayar.

pic: ggpht.com

2. Cermati Alamat dan Telepon
Jika seseorang serius berbisnis online, tentu mereka tak kan keberatan untuk mencantumkan alamat dan nomor telepon dengen jelas dan tidak berubah-ubah. Waspadai jika ada online shop yang hanya mencantumkan nomor handphone dan bukan telepon rumah atau kantor. Maka pastikan Anda mendapatkan alamat dan telepon yang jelas dalam situs belanja online tersebut.
 

 
pic: tempo.co

3. Perhatikan Layanan Customer Service
Situs toko belanja online yang ingin dipercaya masyarakat tantu akan selalu menghadirkan layanan customer service yang profesional. Mereka akan melayani konsumen dengan cepat dan cekatan serta setiap saat. Bahasa yang diguanakan untuk berkomunikasi pun akan terdengar sangat bersahabat saat Anda menghubunginya. Jika Anda mendapatkan pelayanan customer service yang buruk dan tak sesuai dengan yang disebutkan sebelumnya, maka Anda layak waspada.

 
pic: antaranews.com


4. Cermati Harga

Terakhir, situs belanja online terpercaya dapat dilihat dari harga yang dicantumkan. Harga yang wajar dan tidak terlampau jauh dari harga pasaran adalah ciri yang bisa diidentifikasi sebagai online shop terpercaya. Sebaliknya, toko online yang menjual produk dengan harga yang tidak masuk akal bisa menjadi tanda bahwa situs belanja online tersebut adalah abal-abal yang bisa menipu Anda. 


Nah, jika Anda sudah meneliti sebuah toko online dan ternyata memenuhi keempat hal di atas serta tak ada yang mencurigakan maka tak ada salahnya untuk mencoba belanja sekarang di toko online, misalnya di MatahariMall.com.
Previous
Next Post »