Tutorial Cara Membuat Akun Gmail Terbaru untuk Pemula

Sobat tanahair.my.id, email saat ini sudah menjadi kewajiban. Bagi pelajar atau mahasiswa perlu untuk berkomunikasi secara formal. Praktisi dan pekerja juga perlu memilikinya untuk berkomunikasi dengan sejawat dan rekannya. Melalui email, kita bisa mengirimkan informasi dan data dalam waktu singkat kepada orang lain dalam jumlah yang lumayan besar. 

Satu kelebihan email yang tidak dimiliki oleh saluran chat adalah email bisa mengarsip seluruh berkas komunikasi beserta lampirannya secara rapi dan aman. Hal ini akan memudahkan bagi kita untuk mencarinya di lain waktu saat membutuhkannya.

Nah, di luaran sana ada banyak penyedia fasilitas email gratis. Salah satu penyedia akun email gratis yang sedang naik daun adalah Gmail milik Google. Akun ini terintegrasi dengan seluruh fasilitas dan produk milik Gmail. Akun ini juga menyediakan kapasitas penyimpanan gratis sampai 15 GB. Jika membutuhkan ruang yang lebih longgar, Anda bisa mengajukan penambahan kapasitas dengan biaya tertentu. 

Lalu bagaimana membuat akun Gmail? Berikut tutorialnya. 


1. Buka alamat resmi gmail di www.gmail.com  Klik Crete Account atau Buat Akun.





2. Isi seluruh formulir yang diminta dengan lengkap.
Satu tips adalah: jika alamat email yang akan Anda daftarkan ternyata sudah digunakan, coba gunakan nama panggilan dan tambahkan kata unik, misalkan Anda punya panggilan Laila, gunakan lailaasyik@gmail.com, lailagituloh@gmail.com, ingatlaila@gmail.com. Upayakan tidak menggunakan karakter angka atau nonhuruf agar mudah diingat.



3. Isikan angka yang tampak di gambar, centang I agree... dan klik NEXT STEP




4. Yap, akun gmailmu sudah jadi. Akun ini tidak hanya untuk email saja. Akun Google Anda bisa digunakan untuk seluruh fasilitas dan produk yang ditawarkan Google seperti Google Drive, Google Map, Youtube, Google Doc, dan lain sebagainya.





4. Selamat datang di Gmail. 


5. Ini tampilan dashboard-nya. Rapi dan simpel.




6. Jika Anda kesulitan menggunakan bahasa Inggris, Anda bisa mengatur Gmail untuk menggunakan bahasa Indonesia. Caranya: klik ikon gir (roda gerigi) di bagian kanan atas lalu klik SETTINGS.



7. Di bagian General > Language > pilih Bahasa Indonesia.




8. Scroll atau turunkan tampilan hingga ujung bawah halaman. Klik SAVE CHANGES.



9. Ini penampakannya. Akun gmail Anda sudah menggunakan bahasa Indonesia. 







Gampang, bukan?

Selamat mencoba.






Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments