Proses Pembuatan Cakwe Saus Spesial dan Lezat di Pedagang Cakwe







Sobat Tanahair, 

Cakwe merupakan salah satu makanan dari Tiongkok yang sangat populer sekali di indonesia, bila di Tiongkok makanan ini disebut Yui Tioa. Akan tetapi di Indonesia sendiri makanan tersebut dikenal sebagai cakwe. Biasanya makanan ini dijajakan oleh pedagang kaki lima atau pinggiran. 

Bahan yang di gunakan seperti tepung terigu. Jenis – jenis makanan ini tentunya sangat beragam tergantung pedagangnya saja ada yang isi udang, goreng dan sebagainya. Yang paling populer adalah yang digoreng serta dibaluri dengan saus. Bentuknya panjang dan renyah pada saat dimakan tentunya membuat perut keroncongan. Nah berikut ini adalah cara membuat cakwe dengan saus spesial dan mudah dibuat di rumah Anda.

Bahan – bahan untuk pembuatan makanan ini tentunya sangat mudah didapatkan di pasar atau super market selain itu bahan – bahannya juga tidak banyak, dengan begitu anda akan lebih berhemat untuk membuat makanan untuk keluarga anda. Untuk bahan cakwe goreng yaitu tepung terigu yang sangat berkualitas 250 gram, ½ baking soda dan baking powder, air 200 ml serta ¾ sendok teh garam. Selain itu untuk bahan sausnya ½ tepung maizena dan saus pedas, saus tomat 2 sendok makan, 2 siung bawang putih, minyak goreng, 1 sendok teh gula pasir, air matang 175 ml.

Selanjutnya cara pembuatannya, yang pertama harus anda lakukan adalah mencampurkan baking soda dan powder serta garam ke dalam wadah yang besar dan setelah itu anda tinggal memasukkan tepung terigu ke dalam wadah yang berisi campuran tadi lalu tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk adonan hingga merata, setelah itu diamkan adonan yang sudah di aduk tadi sekitar 15 menit. Setelah di diamkan 15 menit aduk adonan tersebut dari pinggir ke tengah dan diamkan lagi selama 20 menit. Lakukanlah seperti itu sampai adonan tersebut bisa di bentuk memanjang. Apabila adonan tersebut sudah bisa di bentuk untuk selanjutnya simpan adonan yang telah di bentuk tersebut pada wadah dan olesi dengan minyak kelapa agar adonan tetap lembab.

Setelah semua diolesi, diamkan lagi adonan tersebut sekitar 1 jam setelah itu pindahkan lagi ke plastik selama 3 sampai 4 jam setelah itu giling adonan menggunakan botol hingga memanjang, setelah itu panaskan minyak dan mulai menggoreng dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan, setelah itu angkat. Untuk sausnya campur saus tomat, garam, saus pedas, air matang dan gula pasir, setelah itu rebus bahan tadi hingga mendidih dan masukkan tepung maizena yang telah di campur air sedikit dan aduk hingga rata lalu tinggal baluri pada cakwe yang sudah di goreng tadi. Anda bisa membeli cakwe paling enak ini di jajanan kaki lima yang dekat dengan rumah Anda.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments