Ini Dia Beberapa Varian Menu MPASI yang Nikmat dan Bergizi Bagi Si Kecil







Memasuki bulan ke 6 umumnya bayi memang tak cukup lagi diberi asupan nutrisi susu atau ASI, melainkan harus diimbangi dengan menu makanan pendamping atau yang dikenal juga sebagai MPASI. Menu untuk MPASIpertama ini sendiri juga sangat beragam, bisa disesuaikan dengan selera dan yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kandungan gizi yang ada di dalamnya, mengingat memang tak semua jenis MPASI yang dijual di pasaran juga sehat untuk si kecil, justru ternyata banyak diantaranya yang mengandung bahan-bahan kimia yang kurang baik untuk si kecil.

Banyak diantara cara membuat MPASI sendiri yang sangat mudah untuk Anda praktekkan di rumah, sehingga nantinya tak harus membeli yang ada di pasaran, lebih hemat biaya dan juga kandungan gizinya jauh lebih sehat. Berikut ini diantara beberapa jenis menu yang mudah dijual sendiri sebagai makanan pendamping ASI, diantaranya adalah:
  • Bubur beras merah, beras merah kaya akan kandungan nutrisi yang begitu baik untuk si kecil, cara membuatnya mudah, yaitu dengan tepung beras merah, nantinya bisa dicampur susu formula dan juga air panas, diaduk-aduk merata dan siap untuk dihidangkan. 
  • Bubur alpukat, menu yang satu ini juga tak kalah nikmat dan pastinya kaya akan kandungan gizi bermanfaat untuk si kecil, cara membuatnya sangatlah mudah, yaitu dengan menghaluskan daging buah alpukat yang sudah masak, kemudian berikan kepada si kecil, namun perhatikan jumlahnya, jangan terlalu berlebih agar tidak memicu diare. 
  • Nasi tim, ini adalah menu makanan untuk anak yang bisa dibuat sendiri di rumah, namun sebaiknya tak diberikan dalam bentuk nasi tim saja, melainkan juga diimbangi dengan lauk pendukung untuk mereka sehingga rasa lebih nikmat. 
  • Oatmeal, cara membuatnya sangat mudah cukup dengan menghaluskan oatmeal dan menyaringnya terlebih dahulu sampai benar-benar lembut sebelum nantinya diseduh dengan air hangat. 

Lebih bervariatif dan juga nikmat untuk si kecil, paling tidak dengan memberikan menu yang berbeda-beda maka nantinya si kecil juga tak akan mudah bosan mengkonsumsinya. []

Previous
Next Post »