Jenis-Jenis Keyboard dan Harga Keyboard





Semua orang pasti tahu, tanpa hadirnya keyboard computer tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini karena keyboard itu sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam pengoperasian computer, laptop ataupun PC.

Dewasa ini, keyboard hadir dengan berbagai macam variasi yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Entah itu untuk menyelesaikan pekerjaan atau hanya sekedar sebagai hiburan seperti untuk bermain game misalnya. Hadirnya keyboard memang mampu mempermudah berbagai macam pekerjaan manusia.

Namun, tahukah Anda jika keyboard itu sendiri dibagi menjadi berbagai macam dan tentunya dengan fungsi yang berbeda? Nah, di bawah ini akan diberikan beberapa contoh macam-macam keyboard beserta harga keyboard yang perlu Anda ketahui.

Yang pertama akan dibahas adalah keyboard berdasarkan bentuknya. Penasaran? Ada apa saja sih keyboard yang dibagi berdasarkan bentuknya?

Berikut ulasan beserta harga keyboard yang dibagi berdasarkan bentuknya.

1. Keyboard QWERTY

Siapa yang tidak mengenal keyboard yang satu ini? Ya, keyboard QWERTY itu sendiri merupakan keyboard yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Keyboard yang telah ada sejak tahun 1973 ini didesain sedemikain rupa sehingga tombola tau huruf yang paling di tekan dipisah untuk meminimalisir terjadinya typo (salah ketik).

Keyboard dengan jenis yang satu ini tentunya memiliki kelebihan yaitu sangat mudah untuk digunakan dan apabila mengalami kerusakan, Anda akan mudah untuk menemukan toko yang menjual keyboard yang satu ini.

Namun, kelemahannya adalah keyboard yang satu ini cukup menyulitkan orang yang belum terbiasa menggunakannya.

harga keyboard yang satu ini dijual dengan harga yang paling murah yaitu sekitar 100 ribuan hingga 1 jutaan. Tentunya, harga yang ditawarkan tersebut disesuaikan dengan kualitas yang dimilikinya.

2. Keyboard Dvorak

Mungkin Anda akan merasa asing dengan keyboard yang satu ini. keyboard yang dominan digunakan di negeri Paman Sam ini rupanya memiliki susunan huruf yang mana akan membuat tangan kanan lebih dominan bekerja ketimbang tangan kiri.

Selain itu, 70% dirancang supaya ketukan ketukan bisa mengurangi rasa lelah saat mengetik.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh keyboard yang satu ini ialah tangan Anda tidak akan merasa cepat lelah pada saat mengetik. Namun, kelemahan yang dimiliki yaitu keyboard yang satu ini sulit untuk digunakan oleh orang kidal, selain itu keyboard jenis ini jarang ditemukan di Indonesia.

Nah, untuk harga keyboard Dvorak yang satu ini, Anda dapat mengeceknya di beberapa toko online yang menjual keyboard ini.

3. Keyboard Numeric

Untuk keyboard yang satu ini biasanya digunakan oleh para accounting untuk bilangan dalam jumlah yang besar. Dengan menggunakan keyboard yang satu ini, Anda akan lebih mudah menjangkau tombol-tombolnya sehingga akan membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai.

Walaupun sangat mudah untuk memasukkan angka dalam jumlah yang besar, namun keyboard yang satu ini rupanya sulit untuk memasukan data berupa karakter alphabet.

Untuk harga keyboard numeric yang satu ini dibandrol sekitar 50 ribuaan hingga satu jutaan. Semua itu tergantung dari merk serta kualitas yang di tawarkan oleh tiap produk.

4. Keyboard alphabetic

Keyboard yang satu ini memiliki kesamaan dengan keyboard QWERTY dan juga keyboard Dvorak. Namun, apa yang membedakannya? Rupanya keyboard yang satu ini didesain dengan huruf alphabet dari A hingga Z. b

Berbeda dengan keyboard pada umumnya yang di desain secara acak, rupanya keyboard yang satu ini ditujukan bagi Anda yang kesulitan untuk menggunakan keyboard QWERTY pada umumnya.

Namun, kelemahan dari keyboard yang satu ini akan membuat Anda merasa cepat lelah karena Anda lebih lama pada saat melakukan pengetikan.

Untuk harga keyboard alphabetic yang satu ini sama dengan harga keyboard jenis QWERTY dan juga Dvorak. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengoleksinya.

5. Keyboard standart/universal

Semua orang pasti tahu keyboard dengan jenis yang satu ini. Keyboard ini hampir sama dengan keyboard QWERTY pada umumnya. Namun, keyboard ini akan sulit dioperasikan lagi apabila ada salah satu tombolnya tertekan ke dalam.

harga keyboard yang standart ini biasanya dibandrol mulai dari kurang 100 ribu hingga lebih dari 500 ribuan. Untuk bisa mendapatkan keyboard yang satu ini pun Anda hanya tinggal mencarinya di toko-toko peralatan elektronik.

6. Keyboard klockenberg

Keyboard yang satu ini dibilang cukup unik ketimbang dengan keyboard jenis lainnya. Dimana keyboard ini memiliki bentuk yang terpisah dan dibagi menjadi dua bagian. Di bagian kiri dan juga kanan dipisah dengan sudut 15 derajat dan sengaja dibuat miring ke bawah.

Tujuan dibuatnya keyboard yang satu ini adalah untuk mengurangi beban otot pada jari dan juga pergelangan tangan. Selain itu, Anda juga akan memiliki banyak ruang untuk menggetik sehingga tidak akan membuat otot yang ada di bagian tangan menjadi tegang.

Untuk harga keyboard yang satu ini, Anda bisa menemukannya di beberapa situs toko online yang menjual keyboard dengan jenis yang satu ini.

7. Keyboard Epic-Bluetooth Virtual

Keyboard yang sati merupakan keyboard masa depan yang didesain dengan canggih dan bisa dibilang cukup minimalis. Keyboard yang satu ini merupakan keyboard yang berbentuk Epic Bluetooth Virtual yang mana keyboard akan muncul dari laser di daerah datar (sama seperti senter).

Salah satu kelebihan dari keyboard yang satu ini adalah tidak hanya bisa digunakan di laptp saja, namun Anda juga dapat menggunakannya pada iPad, Smartphone, iPhone, tablet dan yang lainnya. Bentuk dari keyboard yang satu ini pun sama dengan keyboard QWERTY sehingga dapat memudahkan Anda untuk bisa mengetik 350 karakter per menitnya.

Keyboard masa depan yang satu ini sangat mudah untuk dipakai. Selai itu, keyboard ini mudah dibawa kemanapun dan hemat tempat. akan tetapi, untuk harga keyboard yang satu ini masih dibilang cukup tinggi dan mahal, bagaimana? Apakan anda tertarik untuk mencobanya?

Dari berbagai macam jenis keyboard yang dibagi berdasarkan bentuknya tersebut, pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pastinya, setiap jenis dari keyboard tersebut memiliki fungsi tersendiri bagi para penggunanya.

Harga keyboard yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, dimana jika Anda hanya memiliki budget yang pas-pasan Anda tidak perlu bingung karena kini banyak yang menjualnya di bawah Rp 100.000.

Namun, apabila Anda menginginkan sebuah keyboard dengan kualitas yang bagus, Anda harus bersiap-siapo untuk menyiapkan budget yang lebih. Nah itu dia pembahasan sekilas mengenai keyboard yang dibagi berdasarkan bentuknya dan kisaran harga dari masing-masing keyboard itu sendiri.

Nah, sebelum mengakhiri pembahasan kali ini, mungkin Anda pernah mendengar keyboard wireless. Ya, keyboard tanpa kabel ini cukup banyak digemari oleh sebagian orang beberapa tahun terakhir. Hal ini karena penggunanya yang tanpa kabel dan hanya mengandalkan sinyal WiFi.

Untuk harga keyboard wireless rupanya masih dibandrol dengan harga yang tinggi, namun rupanya, hal tersebut tidak menyurutkan niat beberapa orang untuk mencobanya. Demikian pembahasan mengenai berbagai macam jenis keyboard serta harganya, semoga pembahasan ini dapat dijadikan referensi bagi Anda.

Sumber: http://www.bhinneka.com/category/keyboard.aspx
Newest
Previous
Next Post »