Cara Mengobati Penyakit TBC Secara Medis



Apa yang Sobat ketahui tentang penyakit TBC atau tuberkolusis dan apakah kalian tahu bagaimana cara mengobati penyakit TBC ini? Mungkin sebagian orang mengira bahwa penyakit tuberkolusis ini adalah penyakit yang menyerang paru-paru padahal sebetulnya penyakit ini dapat menyerang seluruh tubuh. Penanganan yang biasanya dilakukan bagi para penderita TBC ini adalah dengan memberikan obat-obatan yang dapat mengurangi jumlah kuman TBC dalam tubuh si penderitanya. Untuk penyembuhan penyakit ini biasanya dilakukan dalam waktu yang cukup lama bahkan hingga mencapai 8 bulan. Obat-obatan untuk mengatasi penyakit ini sudah sejak lama ditemukan dan biasanya disebut dengan obat anti-tuberkolusis atau OAT.

Penyakit TBC ini sebetulnya disebabkan oleh kuman yang masuk ke tubuh manusia. Kuman ini dsebut dengan Tubercle bacillus. Kuman ini bisa masuk kedalam tubuh sesorang melalui udara atau debu yang dihirup atau bisa juga melalui bersin atau batuk dari seseorang yang mengalami penyakit TBC ini. Obat TBC yang disebut dengan OAT ini sebenarnya terdiri dari beberapa macam. Seorang penderita TBC aktif biasanya akan diberikan 1 jenis obat saja akan tetapi jika kuman yang berkembang resisten maka akan diberikan beberapa kombinasi obat OAT. Berikut ini adalah beberapa jenis OAT yang akan diberika bagi penderita TBC:

1. Pyrazinamide
2. Ethambutol
3. Streptomycin
4. Rifampisin
5. Isoniazid

Biasanya akan ada 3 kategori pengobatan untuk penderita penyakit TBC ini. Namun dari beberapa kebanyakan kasus, penyakit TBC baik itu TBC paru atau TBC di luar paru akan diberikan obat kategori 1. Ada dua tahapan yang akan dilakukan dalam proses pengobatan kategori 1 ini. Salah satunya adalah fase atau tahapan intensif dimana penderita TBC harus mengkonsumsi 4 jenis obat OAT selama kurang lebih 2 bulan. Selain menggunakan cara medis, ada cara lain yang bisa membantu pengotan medis ini menjadi lebih efektif yaitu dengan rutin mengkonsumsi susu kambing dibarengi dengan obat-obatan medis yang ada dan menjadi cara mengobati penyakit TBC yang efektif. Temukan informasi lainnya seputar pantangan makanan asam urat dan pantangan makanan lainnya.



Previous
Next Post »