Dua Jenis Tabungan Syariah yang Harus Anda Ketahui



Saat ini hampir semua lembaga keuangan khususnya adalah bank tak hanya memiliki jenis konvensional saja, melainkan juga membuka cabang syariah, ini merupakan salah satu bentuk perluasan usaha, mengingat tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya dengan jumlah umat muslim yang begitu banyak di Indonesia, beberapa diantaranya memang merasa lebih nyaman melakukan transaksi dengan bank yang memiliki basis islam, apalagi jika ingin menabung. Jangan khawatir karena ada beberapa jenis tabungan syariah yang dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik.

Berbicara mengenai produk tabungan yang ditawarkan oleh bank syariah dan juga konvensional tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya ada banyak sekali perbedaan mendasar yang ada di dalamnya. Bank konvensional tawarkan keuntungan adalah melalui sistem suku bunga yang diberikan. Tiap nasabah yang rajin dalam menabung maka semakin lama tawaran hasil juga kian meningkat, karena akan ditambah juga dengan suku bunga. Hal ini tentunya tergolong riba dalam islam sehingga atas rasa takut banyak umat muslim yang mengindahkannya.

Beberapa diantaranya memilih bank syariah karena tabungan aman bebas dari suku bunga. Namun juga jangan khawatir Anda tak akan menerima keuntungan dari lembaga tersebut, karena nyatanya meski bebas dari suku bunga ada cara pembagian keuntungan tersendiri yang ditawarkan. Tabungan dari bank ini terbagi atas 2 jenis berdasarkan prinsipnya, diantaranya adalah:


  1. Wadiah, merupakan jenis tabungan yang hanya dititipkan, atau titipan murni yang nantinya harus dijaga dan juga dikembalikan jika pemilik membutuhkannya sewaktu-waktu. 
  2. Tabungan mudharabah, berbeda dengan jenis wadiah nantinya pihak bank bisa menjalankan uang dari tabungan tersebut. Tentunya digunakan untuk kepentingan pinjaman atau yang lainnya agar mendapatkan keuntungan. Tentunya ada juga beberapa persyaratan yang diberikan dari pihak penabung untuk calon nasabahnya. 


Pilihlah jenis tabungan bank syariah terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda, bagaimanapun menabung menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk kepentingan di masa depan. Namun jika tak ingin uang Anda tergerus adanya arus inflasi ada baiknya untuk melakukan di lembaga keuangan terpercaya, ada keuntungan yang akan didapatkan. []

pic: solopos
Previous
Next Post »