Mengapa Harus Memberikan Susu Bayi Terbaik?

Senyumnya... pic: nappytimes.wordpress.com



Sobat Tanahair, ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan yang paling baik untuk buah hati Anda. Sebenarnya tidak ada yang bisa meragukan kalimat ini, namun banyak ibu yang tidak dapat memberikan ASI untuk si buah hati sehingga ia harus menggunakan susu formula. Selama ini informasi mengenai susu bayi terbaik lebih sering didapatkan dari iklan sehingga informasi yang didapatkan kurang berimbang, sang ibu pun hanya cenderung memilih sebuah merk susu saja.

Sebenarnya, mengapa bayi diharuskan mengkonsumsi susu formula, bukan mengkonsumsi susu biasa? Hal ini dikarenakan susu formula yang biasanya dijual di pasaran, ia memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh bayi. Susu biasa atau pun susu segar kurang memiliki kandungan nutrisi tersebut. Susu formula ini sebaiknya diberikan pada bayi hingga ia berusia `1 tahun, akan tetapi lebih baik Anda mengkonsultasikannya ke dokter tentang kebutuhan susu yang sesuai dengan kondisi si kecil.

Ketika Anda membeli susu formula, hindari membeli susu formula yang akan masuk ke masa kadaluarsa bahkan sudah lewat masa kadaluarsa. Bila sudah terlewat waktu pemakaian, nantinya tidak dapat dijamin apakah susu tersebut baik kualitasnya. Ketika memeriksa masa pakai, pastikan pula Anda juga memeriksa kondisi dari kemasan susu. Hindari membeli susu yang kemasannya sudah berkarat atau rusak. Secara umum susu formula ini terdiri dari 3 bentuk yakni formula bubuk, formula siap minum dan juga formula cair konsentrat. Di pasaran, paling banyak yang tersedia ialah formula bubuk. Harganya lebih murah dan penyajiannya pun juga mudah.

Sebenarnya apa perbedaan merk dari susu bayi terbaik satu dengan yang lainnya? Setiap susu formula yang berada di pasaran tentu saja harus memiliki kandungan nutrisi yang standar dan sudah di tetapkan oleh BPOM, jadi walaupun di setiap pabrik menambahkan berbagai macam kandungan pada jenis susu tersebut, namun mereka harus mengikuti peraturan yang telah di buat oleh pemerintah. Memang kita sebagai orang tua harus memberikan susu terbaik untuk anak Anda, hal ini untuk perkembangan dan pertumbuhannya.


Previous
Next Post »