8 Hutan Kota Keren di Jakarta



Sahabat TanahAir.my.id, tahukah Anda bahwa di balik belantara hutan beton, Jakarta menyimpan hutan kota yang asyik untuk ditelusuri terutama untuk melepas penat. Tak tanggung-tanggung, jumlah hutan kota ini 14 buah. Berikut kami tuturkan delapan hutan kota yang paling menarik versi TanahAir.my.id


1. Hutan Kota Manggala Wanabakti
Dibandingkan dengan hutan kota lain, hutan kota yang satu ini cukup kecil dengan luas hanya 0.4 hektar. Tetapi keberadaan hutan ini mampu membuat suasana di Kementerian Perhutanan menjadi lebih sejuk dan asri. Selain itu, hutan ini juga menjadi tempat koleksi dan pelestarian plasma nutfah di negeri ini.

2. Hutan Mangrove Muara Angke
Inilah hutan yang paling unik. Mungkin Sahabat TanahAir.my.id ada yang belum tahu. Bahwa Jakarta memiliki hutan konservasi bakau yang sangat luas, mencapai 99,82 hektar. Di atas hutan ini bertebar 79 juta pohon bakau dan terus bertambah hingga menjadi 203 juta pohon pada 2009 lalu. Bayangkan, sekarang ada berapa coba?
Hutan ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang cukup luas. Sahabat TanahAir.my.id bisa berkemah, menginap di pemondokan yang tersedia, atau menyusuri sela-sela bakau melalui kano. Asyik bukan? Jika Anda seorang peneliti, tentu ini adalah tempat yang paling mengasyikkan.

3. Hutan Srengseng
Hutan kota yang satu ini terletak di Jalan Srengseng Raya Jakarta Barat. Dari luar bisa dilihat bahwa hutan ini cukup asri dan hijau. Hutan ini dibangun pada tahun 1993 dan  terus berkembang hingga sekarang. Yang tak kalah menarik, di balik hutan ini terdapat danau buatan. Di danau ini, ada banyak ikan yang cantik. Danau ini berfungsi penampungan air hujan sekaligus resapan bagi wilayah sekitar. Di tepi hutan ini terhadap panggung terbuka. Sahabat TanahAir.my.id bisa memanfaatkan panggung itu untuk menggelar pentas seni.

5.  Hutan Kota Mabes TNI Cilangkap
Hutan kota ini Cilangkap menjalankan fungsi menjaga resapan air, tempat rekreasi, juga tempat latihan dan olahraga bagi prajurit TNI. Jadi jangan heran jika tiba-tiba saat Sahabat TanahAir.my.id lari-lari di belakang ada rombongan Mas-Mas cakep ikut lari-lari juga.
Hutan ini terletak di Keluahan Cilangkap, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Luas wilayahnya sekira 15 hektar. Luas ini berkurang dari semula yang 60 hektar.

6. Taman Tebet Honda
Inilah hutan yang bisa dibilang cukup muda. Meski pepohonannya sudah tua, tetapi penataan ulang baru dilakukan pada tahun 2010 lalu. Hutan ini menjalankan fungsi resapan air agar tidak terjadi banjir, lantaran daerah ini termasuk dataran rendah. Yang menarik di sini ada jalur lansia yang bisa jalan-jalan khusus.

7. Hutan Kota Kemayoran
Hutan ini adalah sebuah terobosan yang menarik. Mulanya, tepat ini adalah tempat pembuangan sampah di PRJ. Menteri Kehutanan MS Kaban pada 2006 menggalakkan Gerakan Indonsia Menanam dan mengalihfungsikan tempat ini menjadi hutan. Ribuan jenis pohon ditanam. Kini, ribuan burung menempati tempat ini. Sayangnya, tempat ini agak susah diakses karena berada di wilayah Padang Golf PRJ.

8. Hutan Kota Lanud Halim Perdana Kusumah
Fungsi dasar hutan ini agak berbeda dengan hutan lain, yakni untuk meredam suara bising pesawat terbang. Namun, fungsi dasarnya tetap berjalan. Sayangnya, luas tempat ini berkurang drastis dari sekira 300 hektar menjadi hanya 70 hektar.


Jadi, sahabat TanahAir.my.id mau main ke mana?

pic: muara angke, lostandjourney
Previous
Next Post »