Menyibak Sisi Eksotis Merapi



Yogyakarta Dalam catatan geologis dan BNPT, Gunung Merapi masuk ke dalam daftar gunung yang paling mengerikan dan berbahaya bagi manusia. Hal ini terjadi karena Merapi selalu aktif dan bererupsi setiap dua tahun sekali atau lebih. Material yang dimuntahkan sebagian besar adalah pasir dan abu dengan suhu ribuan derajad selsius yang bisa menyapu segalanya. Kondisi ini menjadi catatan tersendiri lantaran lereng Merapi adalah pemukiman padat.

Namun, di balik keangkerannya di balik semua itu Merapi memiliki berbagai sisi eksotis. Pemandangannya indah. Sehingga menantang para pendaki untuk menaklukkannya. Itulah sebabnya, Merapi menjadi salah satu magnet penting dari Yogyakarta. Ada dua jalur yang bisa ditempuh oleh para pendaki, yakni melalui jalur selatan atau utara. Jika melalui jalur selatan, pendaku akan melewati pos di dusun Kinahrejo, dusun yang terkenal dengan Mbah Marijan.

Sementara itu, jika melalui jalur utara pendaki akan melewati pos pendakian di Selo. Untuk bisa mendaki, tak ada biaya yang dibayarkan kecuali tiket sebesar Rp 3.000 dan mengisi daftar di buku pos. Jika Anda kelelahan mendaki, Anda bisa beristirahat di beberapa pos yang tersedia. Setelah turun, jika Anda melalui jalur selatan bisa beristirahat di banyak hotel atau losmen dengan harga terjangkau di sekitar area Kaliurang.

Sebelum mendaki, pastikan peralatan dan bekal Anda sudah cukup.
Oldest