Menangi Olimpiade di Singapura, Robot SD Surabaya Menuju China




SURABAYA Tanah Air Indonesia menyimpan potensi SDM yang luar biasa. Anak-anak SD mampu menciptakan robot. Tak hanya sekadar menciptakan, robot buatan anak-anak SD Muhammadiyah 4 Surabaya berhasil menjuarai Olimpiade Robotika 2015 di Singapura.

Dalam Olimpiade yang digelar pada 26-28 Maret 2015, mereka membuat dua robot kategori Rescue Line Primary. Endik Setyawan, guru pendamping ekstrakurikuler ini menyebutkan, robot pertama bernama Robofighter dan kedua Roborush.

Seperti dikutip Tribunnews, tantangan terberat adalah robot harus bisa mengikuti garis hitam menuju objek yang berupa bola berdiameter 5 cm. Setelah itu, robot membawanya kembali ke tempat asal. Garis ini memiliki beberapa pola yang rumit, kata Endik.

“Anak-anak punya potensi. Buktinya mampu berkiprah di kancah Asia, mengalahkan Singapura sebagai tuan rumah dan China yang menjadi saingan terberat.” kata Endik seperti dikutip Koran Sindo.


Belum puas dengan prestasi ini, anak-anak ingin bisa ikut ajang yang lebih bergensi di China dan Jerman sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia. “Cuma kendalanya itu tadi, kemana harus mencari rekomendasi.” Kata Endik. (em)

pic: koran sindo
Previous
Next Post »